Ternak burung kenari

Masih menyambung postingan sebelumnya tentang serba- serbi kenari,saya mau berbagi sedikit nih..tentang beternak kenari.

Ternak burung kenari adalah salah satu bisnis yang lumayan menjanjikan, makanya sekarang saya sedang giat-giatnya browsing untuk mencari info lebih banyak tentang cara beternak kenari.Sudah Hampir 6 Bulan ini saya belajar bagaimana cara beternak kenari karena terus terang prospeknya menjanjikan.Kenapa saya bilang seperti itu karena harga pasaran burung kenari saat ini lumayan besar,apalagi harga burung kenari relatif stabil dan proses beternak yang sudah saya coba  bisa dibilang lumayan mudah.

Awalnya saya ragu untuk terjun mencoba beternak kenari karena kurangnya pengetahuan dan mentok di faktor modal, padahal setelah saya mencoba untuk memulai,ternyata ternak burung kenari ini adalah bisnis yang hemat dibandingkan dengan bisnis hewan yang lain,mulai dari mempersiapkan tempat,pakan dan perawatanya, siapapun bisa mencoba.

Karena saya pemain baru dibidang ini, saya hanya bisa berbagi sedikit pengetahuan dari hasil browsing dan berkonsultasi dari sana - sini tentang bagaimana menjadi peternak kenari.dan langkah- langkah dibawah ini bisa diterapkan untuk anda yg mau mencoba beternak kenari:

1. Persiapan Tempat
Untuk memulai beternak, anda bisa mempersiapkan tempat yg tersisa di rumah anda bisa di pekarangan belakang ataupun sisa ruangan di dalam rumah,dg catatan tempat yang akan dipakai masih masuk dalam kategori aman,yaitu tempat yg akan dipakai jangan sampai mudah diakses oleh umum,takutnya jika kita lengah bukannya burung bertambah malah hilang ada yang ngambil.Dan kalau bisa tempat yang akan di pakai jangan di tempat yg banyak di lalui orang rumah karena ketenangan si kenari juga harus jadi prioritas.
untuk memulai ternak burung kenari ini siapkanlah tempat atau ruang bisa terbuka atau tertutup, dan usahakan sirkulasi udara tetap terjaga.

2. Persiapan kandang
Untuk kandang, jika anda punya uang lebih, bisa beli jadi atau pesan di tukang kayu.Sebagai informasi kandang yg saya gunakan sekarang adalah hasil buatan sendiri,maklum lah modalnya juga sedikit jadi menghemat pengeluaran he..he..
Karena awalnya saya cuma punya satu pasang kenari, jadi saya membuat kandang yg kecil dg ukuran Lebar dan tinggi 75cm X panjangnya 110 cm,itu pun menggunakan bahan- bahan yg ada tanpa harus beli bahan baru cukup kayu sisa bangun rumah thickblock dan kawat ram sisa.
Anda bisa menggunakan bahan apa saja yang terpenting adalah kandang tertutup dibagian kiri, kanan, dan belakang, kandang yang baik untuk burung kenari itu yang panjang bukan tinggi dan didalamnya harus ada kayu untuk bertengger(Tangkringan).
3. Pencarian bibit

untuk memulai beternak ini carilah bibit burung kenari yang bagus, tapi minimal umur kenari 6 bulan untuk betina dan 8 bulan untuk jantan,

4. Pemilihan makanan

Kenari adalah burung yg sangat mudah dalam hal pemberian pakan,anda bisa membeli pakan di toko burung dg banyak pilihan harga.Jangan lupa  untuk memberikan pakan tambahan seperti sayuran dan buah-buahan  dan untuk protein tambahannya bisa diberi telur puyuh 1 minggu sekali.

Mungkin hanya ini info yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat,Apabila ada Senior yang mampir, mohon ditambahkan kekurangannya .
Terima kasih.

Tidak ada komentar: